Pertolongan Allah Itu Dekat

Hari Senin, tgl 8 Juli 2013 merupakan salah satu hari yg paling gue nantiin. Emang tgl segitu ada apaan? Gue ngelangsungin akad nikah? Weetss… bukan sob, umur gue masih 18 tahun, sabar. Atau ada pengumuman penting yg bakal (sedikit) menentukan masa depan gue? Hmmm.. bisa jadi!

Yap, pada tgl itu ada pengumuman SBMPTN.  Dengan hati yg degdegan gue menantikan jam 5 sore pada hari itu, karena pengumumannya jam 5 sore. Rasa degdegan gue mencapai klimaks(?) saat ba’da Ashar.  Karena itu artinya kurang lebih 1 jam lagi pengumuman SBMPTN akan dilakukan.  Daripada degdegan gak karuan, akhirnya gue mandi biar seger (loh apa hubungannya?) Ya hubung-hubungin aja dah haha.

Waktu yang dinantikan pun tiba. Jam 5 kurang dikit gue buka web pengumuman.sbmptn.or.id. Daaannn… setelah gue masukin nomer peserta sama tgl lahir gue, jeng jeng jeng…

Inilah hasilnya…

Pengumuman Hasil SBMPTN

Dan

Pengumuman Hasil SBMPTN 2

Alhamdulillah :”)

Gue diterima di Manajemen Unpad!!

Awalnya sih gue seneng (aja). Soalnya yg gue pengenin itu Manajemen UI. Tapi beberapa hari kemudian, gue ngeliat data tahun lalu ttg peminat & jumlah bangku di jurusan-jurusan yg ada di Unpad. Setelah ngeliat itu gue jadi seneng (banget) sekaligus bersyukur. Loh kok bisa??

Karena ternyata, peminat Manajemen Unpad tahun lalu (2012) itu ada 4733 orang! Dan yg diterima (lewat jalur SNMPTN, dulu namanya masih SNMPTN) cuma 38 orang! Gue pun kaget dan gak bisa berkata-kata. Ya Allah.. sebanyak itukah peminatnya?? Dan cuma segitukah yg diterima?? Perasaan gue berubah dari yg seneng aja, jadi seneng banget. Karena gue sama sekali gak nyangka bisa jadi segelintir orang yg beruntung masuk Manajemen Unpad. Emang sih itu data tahun lalu, tapi yaa gak beda jauh laah sama tahun ini, wallahu a’lam.

Trus apa hubungannya sama judul postingannya? Naah.. ini dia gue akan ceritain.

Yang membuat gue berpikir ini adalah pertolongan dari Allah adalah hasil quick count SBMPTN dari bimbel NF. Bayangin! Nilai TKDU gue lebih tinggi daripada nilai kemampuan IPS gue. Emang agak gak logis. Secara, TKDU “cuma” 45 soal. Sedangkan kemampuan IPS 60 soal. Waktu utk mengerjakannya sama, 60 menit. Tapi setelah dicek, ternyata bener. Yg awalnya gue udah melayang liat nilai TKDU, tapi begitu liat nilai kemampuan IPS, seakan-akan gue mendarat dgn kecepatan tinggi dan jatuh ke tanah haha #lebay.

Tapi gue tetep bersyukur. Karena di atas kertas, di kelas gue termasuk anak yg biasa-biasa aja nilainya. Sementara temen-temen gue yg (di atas kertas juga) nilainya lebih tinggi dari gue, malah ada yg gak (belom) dapet. Bener-bener ya, faktor X itu selalui ada sepertinya. Bahkan ada anak juara paralel gak (belom) lolos di jurusan yg mereka inginkan. Emang sih, jurusannya favorit, banyak yg minat buat masuk ke sana.

Nah, pesan yg ingin gue sampein adalah.. Faktor X itu selalu ada kawan. Oleh karena itu, banyak-banyaklah taqarrub ilallah (mendekatkan diri kpd Allah). Bukan maksud gue utk mentazkiyah diri sendiri yaa. Tapi tujuan gue adalah supaya kita bisa mengambil pelajaran dari “peristiwa” lolosnya gue di manajemen unpad.

Oh iya satu lagi. Jangan meniatkan ibadah yg kalian lakukan (apapun itu), utk meraih hal-hal duniawi ya sob. Karena itu termasuk syirik (nah lo). Emang panjang pembahasannya, tapi intinya itu.

“Barangsiapa yang (menjadikan) dunia tujuan utamanya maka Allah akan menceraiberaikan urusannya dan menjadikan kemiskinan/tidak pernah merasa cukup (selalu ada) di hadapannya, padahal dia tidak akan mendapatkan (harta benda) duniawi melebihi dari apa yang Allah tetapkan baginya. Dan barangsiapa yang (menjadikan) akhirat niat (tujuan utama)nya maka Allah akan menghimpunkan urusannya, menjadikan kekayaan/selalu merasa cukup (ada) dalam hatinya, dan (harta benda) duniawi datang kepadanya dalam keadaan rendah (tidak bernilai di hadapannya)“ (HR Ibnu Majah (no. 4105), Ahmad (5/183), ad-Daarimi (no. 229), Ibnu Hibban (no. 680) dan lain-lain dengan sanad yang shahih, dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, al-Bushiri dan syaikh al-Albani)

Dari artikel ‘Keutamaan Cinta Akhirat Dan Zuhud Dalam Kehidupan Dunia — Muslim.Or.Id

Buat temen-temen yg belom dapet PTN, tetap semangat dan tetap optimis!

“Alaa inna nashrallahi qariib”

“Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (Al Baqarah: 214)

Yakinlah kawan 🙂  Selamat berjuang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s