Tulisan Akhwat FKI UI

Bismillaah..

Alloh sudah berbaik hati menutupi aib kita.. maka.. jangan dibongkar-bongkar lagi kalau tidak ada faedah untuk menceritakan aib-aib kita..

Sobat.. Siapa sih manusia yang ga lepas dari dosa dan salah? kecuali para Nabi dan Rosuul. Semuanya.. Semua dari kita setiap waktu, pastilah pernah melakukan dosa dan maksiat. Ga mungkin engga. Soalnya Rosuululloh sudah bilang

“Setiap bani Adam pasti berbuat salah…” 1

Sudah “default” nya kalau kita ini berbuat salah. Dan tau ga sobat kalau Alloh itu dengan segala Kemurahan dan Kebaikannya menutup aib-aib kita di depan manusia lainnya..

Sebagaimana dalam kisah Nabi Musa tatkala Nabi Musa berdoa kepada Alloh agar turun hujan, tapi Alloh ga turunkan hujan karena ada seorang hamba yg bermaksiat sama Alloh selama 40 tahun. Lantas nabi Musa menyeru supaya tu hamba ngaku. Hallo?? Pasti ga ada yg mau ngaku kan? Ya bener banget.. Ga ada seorangpun yang ngaku. Tapi tau ga sobat, tu hamba yang bermaksiat sama Alloh selama 40 tahun dalam lirih doa nya, ia memohon taubat sama Alloh. Walhamdulillaah.. kemudian setelah itu hujan pun turun..

Nabi Musa pun keheranan, lantas Nabi Musa berkata, “Ya Alloh… Tunjukkan padaku hamba itu.” Lantas Alloh berfirman, “Ya Musa, Aku tidak membuka aibnya padahal ia bermaksiat kepada-Ku, apakah Aku membuka aibnya sedangkan ia taat kepada-Ku?!”2

Nah :””

Sob.. bayangin kalo Alloh buka aib-aib kita dimuka umum.. MALU.. BENERAAAN MALUUU BANGET PASTI..

Jadi sob.. Kalau kita pernah melakukan dosa, maka udah biar kamu sama Alloh aja yang tau. Ga perlu diungkit-ungkit lagi di hadapan manusia yang lain (kecuali memang ada manfaatnya kalau kita ceritakan – supaya jadi pelajaran berharga) .. Alloh sudah tutupi tabir itu.. Supaya.. kita ga selalu dibayangi oleh masa lalu yang kelam.. Supaya selalu ada optimisme dalam diri kita untuk selalu bertaubat dan berubah menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya

Inget ini sob.. Rasuululloh juga udah pernah bilang

“Setiap umatku akan diampuni kecuali orang yang melakukan jahr.” 3

Apa’an tuh jahr?

Lanjut sob…
“Di antara bentuk melakukan jahr adalah seseorang di malam hari melakukan maksiat, namun di pagi harinya -padahal Alloh SUDAH MENUTUPI maksiatnya-, ia sendiri yang bercerita, “Wahai fulan, aku semalam telah melakukan maksiat ini dan itu.”

Sob… Inget! Padahal semalam Alloh telah tutupi maksiat yang ia lakukan, namun di pagi harinya ia sendiri yang membuka aib-aibnya yang telah Alloh tutup.

Tuh sob.. :””
Alloh uda nutupin tuh aib.. Napa juga diceritain.. Bangga uda bermaksiat? Duh.. Duh… Ga lah ya..

Mimin cerita begini bukan berarti mimin ini baik, mimin bersih.. Ga sob.. engga banget.. :”” *meskipun mimin berharap mimin tergolong hamba yang baik dan bersih, semoga Alloh kabulkan (aamiin)*

Mimin cuma mau ngasih nasihat aja sob. Nasihat supaya sobat-sobat ga mudah berputus asa setelah berbuat maksiat :””
Salah satunya adalah dengan MEMENDAM SEMUA PERBUATAN BURUK KITA. Not to be showed it up :””

Karena dengan begitu kita ga akan terbayang-bayang ama masa lalu kita. Dan kita jadi ga was-was takut kalau-kalau ada yang nyebar aib kita buat black campaign (hmmmm??)

That’s it!
Ingat Alloh itu BAIK :”” Always listening and always understanding..
Alloh bakan buka tanganNya anytime.. kapanpun kamu butuh Alloh buat taubat, Alloh ada disitu buat kamu kecuali matahari sudah terbit dari barat dan kecuali nyawa kamu uda sampai di kerongkongan sob (hiks)..

Nah.. Mumpung kita uda masuk bulan romadhon.. Mari kita merapat sob.. lebih deket sama Alloh.. Banyakin ‘amal an sholih.. Banyakin istighfar.. Semoga Alloh menerima pahala kita dan menghapus dosa-dosa kita..

Lupakan masa lalu kita yang kelam sob.. Insya Alloh masa ada hari baru, hari dimana kita mulai lembar demi lembar cerita ketaatan kita.. cerita move on kita dari kegelapan menuju cahaya nan terang benderang..

So.. Selamat berlomba-lomba di bulan penuh kemuliaan ini sob :””

Saudari mu..
Depok, 1 Ramadhan 1435 H

Footnote:
1. HR. Ibnu Majah, no, 4251
2. Kisah ini dikutip dari buku berjudul “Fii Bathni al- Huut” oleh Syaikh DR. Muhammad Al ‘Ariifi, hal. 42
3. HR. Bukhori No. 6069 dan Muslim 2990 dari Abu Hurairoh Rodhiyallohu ‘anhu

Kisah tentang Nabi Musa bisa dibaca dimari:
http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/allah-menutup-aib-kita.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s